Manfaat Buah durian

Unknown | 05:11 |
Durian dengan nama ilmiah ( bombaceae sp. ) ini  tumbuh di daerah tropis terutama di daerah asia tenggara, durian ini terkenal dengan raja buah ( King of Fruit ). Nama tumbuhan ini sebenarnya diambil dari bentuk buahnya yang berduri tapi jika umak mau melihat dalamnya akan ada anugrah tersendiri. Dari namanya yang sudah menggambarkan bahwa buah ini berduri, tapi buah ini begitu menarik aroma dan meningkatkan selera kuliner umak. Jika anda belum mencobanya, berarti anda belum mengetahui salah satu anugrah Tuhan yang begitu enak ini. Tapi tentunya buah ini terkenal dengan buah yang mahal lho, jika anda mencobanya mungkin sekali sekali lah hanya untuk sekedar tahu dan kalau anda ketagihan yah teruskan aja deh haha



  • Syarat tumbuh buah durian ini.
  1. Curah hujan untuk tanaman durian maksimum 3000-3500 mm/tahun dan minimal 1500-3000 mm/tahun. Curah hujan merata sepanjang tahun, dengan kemarau 1-2 bulan sebelum berbunga lebih baik daripada hujan terus menerus.
  2. Intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan durian adalah 60-80%. Sewaktu masih kecil (baru ditanam di kebun), tanaman durian tidak tahan terik sinar matahari di musim kemarau, sehingga bibit harus dilindungi/dinaungi.
  3. Tanaman durian cocok pada suhu rata-rata 20°C-30°C. Pada suhu 15°C durian dapat tumbuh tetapi pertumbuhan tidak optimal. Bila suhu mencapai 35°C daun akan terbakar.
  • Media tanaman durian ini.
  1. Tanaman durian menghendaki tanah yang subur (tanah yang kaya bahan organik). Partikel penyusunan tanah seimbang antara pasir liat dan debu sehingga mudah membentuk remah.
  2. Tanah yang cocok untuk durian adalah jenis tanah grumosol dan ondosol. Tanah yang memiliki ciri-ciri warna hitam keabu-abuan kelam, struktur tanah lapisan atas bebutir-butir, sedangkan bagian bawah bergumpal, dan kemampuan mengikat air tinggi.
  3. Derajat keasaman tanah yang dikehendaki tanaman durian adalah (pH) 5-7, dengan pH optimum 6-6,5.
  4. Tanaman durian termasuk tanaman tahunan dengan perakaran dalam, maka membutuhkan kandungan air tanah dengan kedalam cukup, (50-150 cm) dan (150-200 cm). Jika kedalaman air tanah terlalu dangkal/ dalam, rasa buah tidak manis/tanaman akan kekeringan/akarnya busuk akibat selalu tergenang. 

Manfaat buah durian juga sangat banyak lo gan, semua ini juga berguna untuk sistem metabolisme dan kesehatan umak. Beberapa manfaat buah durian bagi kesehatan yaitu diantaranya adalah.


  1.  Sementara vitamin B kompleks dalam durian memiliki kegunaan bagi kesehatan yang beragam seperti memperbaiki sistem syaraf dan meningkatkan mood.
  2. Kandungan mineral mangan, tembaga, zat besi dan magnesium bermanfaat dalam memproduksi dan pembentukan sel darah merah serta mencegah anemia.
  3. Buah durian segar merupakan sumber kalium yang berguna bagi tubuh. Kalium adalah elektrolit penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung serta tekanan darah.
  4. Bagi anda yang mengalami masalah susah tidur, mengkonsumsi durian dapat menjadi solusinya.
  5. Kandungan asam amino esensia dan tryptophan akan merangsang metabolisme tubuh sehingga lebih mudah untuk tidur (dikenal juga dengan "nature's sleeping pill").
  6. Selain itu, zat tryptophan juga memiliki manfaat untuk mencegah depresi, stress serta mengurangi rasa cemas berlebih secara alami.
  7. Bagi perokok aktif yang ingin berhenti, manfaat buah durian bagi kesehatan dapat dilihat dari kandungan vitamin B6, B12, magnesium serta kalium yang membantu tubuh untuk menghilangkan efek ketagihan nikotin
  8. Seperti halnya buah-buahan tropis lainnya yaitu pisang, alpukat dan nangka, durian kaya akan energi, mineral serta vitamin. Dalam 100 g buah durian segar terdapat 147 kalori.
  9. Daging buah durian tersusun dari gula alami seperti fluktosa serta sukrosa dan saat dimakan dapat menghasilkan energi tubuh secara instan.
  10. Kandungan serat di dalam buah durian bermanfaat untuk melindungi selaput lendir usus serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.
    Khasiat zat anti-oksidan dan vitamin C buah durian berperan penting dalam membantu tubuh mengembangkan daya tahan terhadap infeksi dan radikal bebas berbahaya.
Nah itulah beberapa tentang durian yang saya ketahui dan sebagian mencuplik dari sahabat blogger juga. Silahkan mencoba coba bagaimana rasa buah ini, selain enak ternyata juga banyak manfaatnya kan.. Sipp Coba saja... selamat berkuliner gan

Kode Smiley Untuk Komentar


:a :b :c :d :e :f :g :h :i :j :k :l :m :n :o :p :q :r :s :t
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

About Me

Blogger Indonesia yang berusaha membangun blog yang menarik yang semuanya berawal dari mimpi dan terus ingin berkarya untuk kebutuhan masa depan.....More About Me

Tanda tangan Untitled 1 Original Self Blog
Copyright © 2014 Yoke's Blog Article 2013 est - Contact me - About This Blog and Writter
Related Posts with Thumbnails