Standart Pengkabelan UTP Pada Jaringan

Unknown | 19:32 | |

Susunan RJ-45 Yang Benar


Kable RJ-45 merupakan kabel Ethernet yang digunakan dalam topologi jaringan. Ada dua penggunaan kabel ini yang harus diurutkan sesuai standar TIA, jika urutanya salah maka jaringan melalui kabel ini akan gagal total. Tapi yang perlu umak ketahui, sebenarnya jika umak perhatikan konektor T-568A UTP Ethernet kabel Straight dan Cross dengan T-568B terakhir, kita melihat bahwa pin TX (transmitter) terkoneksi dan tersambung dengan pin RX (receiver), plus ke plus dan minus ke minus. Kita juga dapat melihat bahwa kedua pasang kabel warna biru dan coklat pada pin 4, 5, 7 dan 8 tidak dipakai dalam standar kabel jaringan. Kita tidak menyadari bahwa pin nomor 4,5,7 dan 8 sebenarnya tidak pernah digunakan dalam 100BASE-TX, jadi ngapain susah-susah memilah dan memasukkannya ke konektor RJ-45, tapi memang standar yang ditentukan yah harus patuh seperti itu untuk kelancaran kerja dalam jaringan.


1. Kabel T-568A Straight

Kabel jenis straight ini digunakan untuk menghubungkan dua buah perangkat yang berbeda. Misal switch ke komputer atau sebaliknya, modem ke router dsb. Tapi kabel straight tipe ini jarang sekali digunakan, gak papalah just for knowledge aja.





2. Kabel T-568A Straight

Kabel jenis straight yang ini digunakan untuk menghubungkan dua buah perangkat yang berbeda. Misal switch ke komputer atau sebaliknya, modem ke router dsb. Nah yang ini adalah jenis yang paling sering digunakan untuk tipe straight.




3. Kabel T-568A Crossover

Tipe crossover ini digunakan pada dua perangkat yang sama. misal komputer dan komputer, switch dan switch dan yang lain adalah router ke server. Dan ingat pemasangan kabel sebelah kiri pada gambar dibawah ini, harus dimulai pada perangkat yang darimana sumber data itu berasal.




Gak boleh asal colok lho tapi, ada juga standart pemasangan yang benar dan tidak. Karena jika kita mencoloknya salah maka kabel tidak akan terpasang dengan kuat.

Contoh yang benar.
Contoh pemasangan yang benar

Kode Smiley Untuk Komentar


:a :b :c :d :e :f :g :h :i :j :k :l :m :n :o :p :q :r :s :t
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

About Me

Blogger Indonesia yang berusaha membangun blog yang menarik yang semuanya berawal dari mimpi dan terus ingin berkarya untuk kebutuhan masa depan.....More About Me

Tanda tangan Untitled 1 Original Self Blog
Copyright © 2014 Yoke's Blog Article 2013 est - Contact me - About This Blog and Writter
Related Posts with Thumbnails