BAB 3 - Agar Tidak Gagap Lagi

Unknown | 20:23 |

STRES

Ada cukup alasan untuk menerima penjelasan psikologi atas penyebab kegagapan. Orang-orang gagap menyadari bahwa masalah mereka menjadi semakin buruk saat mereka sedang tertekan dan mereka mengatakan, sebagai contoh, bahwa pada saat mereka sedang sendiri dan tidak tertekan, mereka tidak mengalami kesulitan berbicara.

Orang-orang gagap telah menemui psikolog dan psikiater untuk menyembuhkan masalah mereka. Hasil yang tampak ternyata tidak memuaskan. Kegagapan itu jarang, jika memang pernah, tersembuhkan. Dan alasan yang biasa diberikan oleh para terapis itu adalah bahwa masalah kegagapan ini sudah tertanam sangat dalam, yang kebanyakan telah dimulai sejak umur dua sampai enam tahun, sehingga terapi yang intensif harus dilakukan bertahun-tahun untuk masuk ke akar masalah dan mengatasinya. Dan hal ini, sangat bertentangan dengan hasil tes psikologi yang menyatakan bahwa orang-orang gagap merupakan bagian yang representatif dari populasi orang-orang normal.

Salah seorang gagap yang saya temui telah menjalani tujuh belas tahun psikoterapi dengan total biaya sebanyak $85,000. Saya ingat mencatat di lembar evaluasi saya tentang pemuda ini, yang merupakan orang gagap paling well-adjusted yang pernah saya lihat.

Sampai hari ini, mitos menyatakan bahwa kegagapan adalah “masalah psikologi”. Setiap tahun orang-orang yang menamakan diri mereka ‘ahli’ menulis buku yang meyerukan fakta ini, artikel-artikel muncul di majalah dan koran secara terus-menerus yang tentu saja mendukung kepercayaan ini. Psikiater terus berusaha untuk merawat ribuan penderita gagap setiap tahun menggunakan teknik yang telah terbukti tidak cukup ampuh.
Freud tahu bahwa teknik-teknik ini tidak cukup ampuh. Di salah satu bukunya dia menulis, “Apapun sumber kegagapan, perawatan yang yang saya kembangkan tidaklah cukup. Oleh karena itu saya menolak untuk terlibat lebih jauh lagi.”

Tapi bagi saya cukup jelas bahwa keadaan stres mempengaruhi tekanan di pita suara. Saya membicarakan masalah ini dengan seorang psikiater yang mengambil obat-obatan dan rehabilitasi sebagai spesialisasinya, dan dia bercerita tentang sebuah penelitian di tahun 1953. Ternyata sebuah laboratorium telah didirikan di Jerman untuk mempelajari pergerakan psikologi atlet-atlet dunia, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan atletik seseorang. Sebagai bagian dari penelitian ini, para peneliti juga mempertimbangkan efek dari stres.

Penelitian menemukan bahwa para atlet ini akan mengejangkan ototnya saat stres, tapi yang lebih menarik, mereka memfokuskan kejangan ini di bagian-bagian tertentu dari tubuh mereka – umumnya otot di sekitar bahu, dinding perut, punggung bagian bawah, wajah dan tangan. Aksi ini lalu ditemukan sebagai aksi bawaan sejak lahir dan seringnya, meskipun tidak selalu, merupakan keturunan.

Ada juga otot-otot yang tidak umum, dan salah satunya, yang diderita oleh dua persen populasi dunia, adalah otot di pita suara. Penelitian lanjutan mengungkapkan bahwa seluruh penderita gagap termasuk ke dalam 2% populasi ini. Penderita gagap dilahirkan dengan kecenderungan untuk mengejangkan otot pita suara mereka saat mereka sedang stres.

Dalam penelitian ini seluruh tubuh pria dan wanita diperiksa, dan perbedaan jenis kelamin ditemukan berpengaruh. Contohnya, saat lima pria mengejangkan otot pita suara mereka, tiga orang wanita memusatkan pengejangan otot mereka di bagian dinding perut sebagai reaksi dari stres yang serupa.
Saya menunjukkan hasil penelitian ini kepada Ahli Penyakit Kemampuan Berbicara dan dia menyimpulkan bahwa rasio lima dibanding satu pengejangan pita suara untuk pria mirip dengan hasil penelitian terdahulunya tentang kegagapan.
Unconverted Image

Kode Smiley Untuk Komentar


:a :b :c :d :e :f :g :h :i :j :k :l :m :n :o :p :q :r :s :t
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

About Me

Blogger Indonesia yang berusaha membangun blog yang menarik yang semuanya berawal dari mimpi dan terus ingin berkarya untuk kebutuhan masa depan.....More About Me

Tanda tangan Untitled 1 Original Self Blog
Copyright © 2014 Yoke's Blog Article 2013 est - Contact me - About This Blog and Writter
Related Posts with Thumbnails